Saturday, December 25, 2010

10 Fakta Menarik di dalam Microsoft Corporation


  * Kata Microsoft pertama kali dicetuskan oleh Bill Gates pada 1975 sebagai singkatan dari ‘microcomputer’ dan ‘software’. Logo Microsoft juga sudah diganti beberapa kali (kata ‘o’ pada 'Microsoft' menunjukkan layanan burger yang ditawarkan kantin perusahaan Microsoft).

    * Musisi di balik soundtrack awal Windows 95 adalah Brian Eno. Eno pernah bekerja sama dengan David Bowie dan U2. Ia mengaku kepada San Francisco Chronicle kalau membuat musik pendek untuk Microsoft terasa lucu dan menyenangkan. “Ini seperti membuat perhiasan kecil,” kata Eno.

   
* Mirip dengan Google, Microsoft juga menawarkan makanan secara gratis untuk para pegawai. Dua minuman paling favorit di Microsoft Corporation adalah susu dan OJ. Microsoft punya 35 kantin yang menjual makanan untuk 37 ribu pekerja setiap hari. Pizza menjadi makanan favorit mereka.

    * ‘Softie’ adalah panggilan untuk para pekerja Microsoft. Nah ini yang asik! Rata-rata pendapatan para pegawai adalah US$106 ribu (Rp 964 juta)!!!. Microsoft punya total pekerja 88.180 di seluruh dunia dan 50 ribu di antaranya ada di Amerika Serikat. Pekerja pria sebanyak 76% dibandingkan perempuan.

    * Semua perusahaan punya kebiasaan sendiri, juga dengan Microsoft. Microsoft merayakan ulang tahunnya dengan cokelat M&Ms. Sebelum terkenal di dunia, Microsoft mengalami kejatuhan saham sebanyak 9 kali.

    * Raksasa industri komputer ini adalah perusahaan yang mengkoleksi benda seni terbesar dengan menyimpan 5 ribu hiasan kontemporer ex: lukisan, patung, foto, keramik dan kerajinan multimedia. Microsoft mengumpulkan benda seni dari seniman lokal sampai seniman terkenal seperti Cindy Sherman, Chuck Close dan Takashi Murakami.

    * Saat sobat ingin bekerja di Microsoft, jangan bayangkan pertanyaan wawancara standar seperti "Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda dalam kurun waktu 5 tahun ke depan?” kenapa begitu? Microsoft kadang-kadang tanya tentang hal unik seperti minta sobat memberikan “desain alat produksi kopi yang digunakan untuk astronom” atau menyelesaikan puzzle.

    * Microsoft punya lebih dari 10 ribu hak paten dan jadi peringkat pertama sebagai pemilik paten terbanyak di AS. Penemuan mereka kadang bukan suatu hal yang ‘menakjubkan’ tapi hal sederhana contohnya teknologi untuk permainan Xbox 360 yang memungkinkan seseorang nonton video game atau paten Microsoft Surface yang menghubungkan obyek nyata dengan data dan gambar.

    * Microsoft juga memberi bonus untuk para pegawainya yang menyumbangkan paten. Selain bonus sebesar AU$1500 (Rp 11,9 juta), mereka juga akan mendapat plakat kayu yang berisi nama, jabatan dan tanggal peresmian paten tersebut.

No comments:

Post a Comment